Blog Personal Abdillah.S.A.S or Abdhi Griffindors

Ragam Komunitas Dan Organisasi Di Maros Yang Memberdayakan Muda Mudi

Share on :

Ragam Komunitas Dan Organisasi Di Maros Yang Memberdayakan Muda Mudi -Kabupaten Maros adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Maros. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.619,12 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 250.000 jiwa.

Dari 250.000 Jiwa Sebagian Besar terdiri dari muda mudi yang membantu dan mengembangkan kota maros melalui ragam komunitas dan organisasi organisasi yang mengembangkan maros.

Adapun komunitas komunitas dan organisasi yang dominan di isi oleh remaja dan muda mudi itu akan saya perkenalkan beberapa dalam postingan saya kali ini,guna membantu para pembaca untuk lebih mengenal maros utamanya memberikan informasi khususnya kepada orang maros yang belum mengetahui komunitas apa saa itu.

Pertama Saya akan memperkenalkan komunitas yang didalamnya berbaur semua kalangan mulai dari pekerja,pegawai,mahasiswa,siswa sekolah bahkan ibu rumah tangga dan kepala keluarga yaitu :

Komunitas Blogger Maros (KBM)

Komunitas Blogger Maros ada komunitas yang bergerak dibidang IT utamanya dalam bidang Blog,Website,CMS dan Fasilitas online lainnya.

Dalam Komunitas Blogger Maros Kita dapat memperlajari/sharing mengenai blogging baik dari awal maupun tingkat lanjut sehingga memudahkan semua orang untuk belajar mulai dari 0.

Komunitas ini pun memudahkan kita mendapatkan uang dari kegiatan blogging yang sudah kita lakukan dan juga yang paling penting komunitas blogger ini sangat menjunjung tinggi kekeluargaan.untuk mengetahui lebih lanjut mengenai blogger maros teman teman bisa baca postingan saya yang satu ini di http://abdhiblogs.blogspot.com/2012/09/organisasi-komunitas-blogger-maros-kbm.html dan jika ingin mendapatkan info updatenya bisa dilihat langsung di www.buttasalewangang.com .

Untuk lebih Mengenai Komunitas Blogger Maros dibawah ini ada beberapa event yang sudah diadakan Komunitas blogger maros yaitu :

Blogilicious 7 Kota 2012

Blogger Nusantara 2012

Selanjutnya saya akan memperkenalkan komunitas IT yang lebih spesifik mempelajari mengenai Open Source atau mengenai software legal seperti Linux,Foss,Dll yaitu :

Komunitas Linuxer Maros(,5 KOMALIMA)

Komunitas Linuxer Maros ini komunitas yang terdiri dari Mahasiswa dan Siswa Sekolah bahkan ada guru Sekolah menengah kejuruan,komunitas ini sudah seperti KPLI untuk kabupaten maros dan dikomunitas ini pun semuanya belajar mengenai software bebas dan tidak ilegal maupun cara cara untuk mengoptimalkan software dan sistem operasi linux.

Komunitas Linuxer maros juga membantu mengembangkan maros dengan sedikit demi sedikit memperkenalkan aplikasi bebas pakai,seperti linux supaya pembajakan sistem operasi windows dimaros semakin berkurang.

Selanjutnya saya akan memperkenalkan komunitas yang bergerak dalam bidang sastra,kepenulisan dan bahasa yaitu :

Forum Lingkar Pena Cabang Maros (FLP Camar)
FLP Maros Di dominasi oleh anak anak sma dan sebagain mahasiswa di kota maros,organisasi ini membantu mengembangkan bakat,minat dan kreatifitas anak anak maros dalam mengolah bahasa,menciptakan karya seni dan karya sastra yang bermanfaat bagi orang banyak.
Forum Lingkar Pena mempunyai banyak program untuk membantu mengembangkan bakat dan kreatifitas pemuda/i maros dan yang sering dilakukan itu adalah SEKMEN (Sekolah Menulis) melalui itu teman teman di forum lingkar pena dapat dengan mudah dan sangat terbantu dalam menulis ide idenya.

Selanjutnya komunitas yang tidak jauh beda dari flp yang saya perkenalkan tadi tapi komunitas yang saya perkenalkan kali ini lebih spesifik dalam mengajarkan bahasa internasional atau bahasa inggris,yaitu

Maros English Regeneration Community (MERCY)


Mercy maros adalah organisasi yang membantu pemuda dan pemudi maros dalam mengembangkan kemampuan dalam berbahasa inggris sehingga membantu pemuda dan pemudi maros dalam mengolah bahasa inggri dan mempu bersaing dengan orang orang dari kota besar sekalipun.

Selain Mercy Maros banyak lagi komunitas yang seperti ini contohnya SEC (Salewangang English Club) dan lain sebagainya.

Mercy Maros mempunyai program rutin yang dinamakan english meeting yang dilaksanakan setiap hari minggu di Masji Al-Markaz Al Islami Maros.

Selanjutnya kembali saya perkenalkan komunitas IT yang merangkul banyak pemuda untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan teknologi informasi yaitu :

Relawan Teknologi Informasi & Komunikasi ( Relawan TIK)


Relawan TIK Maros sama halnya dengan komunitas IT lainnya tapi Relawan TIK lebih spesifik untuk membantu program program it pemerintah dengan memberdayakan muda mudi yang berdomisili dimaros.

Seperti namanya Relawan,orang orang yang bekerja dalam komunitas ini tidak menerima bayaran dalam kata lain bekerja secara sukarela

Selanjutnya adalah komunitas atau organisasi yang mungkin sudah banyak dikenal dalam masyarakat diseluruh indonesia dan dimaros yaitu:

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Cabang Maros (KSR-PMI Cab.Maros)


KSR-PMI adalah organisasi dibawah naungan palang merah indonesia yang merangkul kalangan muda yang ingin mengabdikan diri di bidang kemanusiaan secara sukarela.

KSR memiliki banyak manfaat untuk kaum muda diantara lain mengajarkan kemandirian mengajarkan peduli sesama dan mengajarkan mengenai pengabdian

dalam kasus banjir maros baru baru ini,ksr pmi turut andil dalam membantu para korban banjir seperti turun dalam lokasi bencana dan mendistribusikan bantuan beruap family kit untuk membantu meringankan para korban banjir.

Satu lagi yang akan saya perkenalkan yaitu komunitas pencinta musisi legendari kita iwan fals,yaitu

Orang Indonesia Maros (OI Maros)

Komunitas Oi Maros ini merangkul anak anak muda yang memiliki jiwa seni dan cinta kepada iwan fals dan karya karya nya,komunitas ini pun lebih banyak melakukan kegiatan sosial untuk membantu warga warga maros yang membutuhkan bantuan dan melakukan kegiatan yang lebih berimplementasi ke seni musik

Komunitas ini betul betul memberdayakan anak anak muda di likungan kabupaten maros.

itulah beberapa komunitas yang bisa saya jelaskan kepada pembaca agar para pembaca lebih mengenal maros dan bagaimana maros memberdayakan muda mudi nya melalui komuntas komunitas yang membantu mengembangkan maros,meskipun belum semua komunitas saya perkenalkan,tapi dari rangkuman diatas mungkin sudah cukup jelas untuk mengambarkan maros.

terimah kasih telah membaca postingan saya kali ini saya tunggu pertanyaan,kritikan,saran dan masukan dari para pembaca semoga postingan saya kali ini sangat bermanfaat untuk kita semua.

Pesan Penting Dari Abdillah.S.A.S
Masa Muda adalah masa dimana kita memiliki banyak energi positif,gunakanlah itu untuk mengembangkan daerahmu,negaramu dan kehidupanmu.

3 comments on Ragam Komunitas Dan Organisasi Di Maros Yang Memberdayakan Muda Mudi :

Anonymous said... January 27, 2013 at 4:53 PM

Ralat bro, bisa di edit!
Oi Bukan singkatan dari Orang Indonesia, dan bukan komunitas juga, Oi itu Ormas dan Oi Bukan Iwan Fals..

Tolong admin di tanggapi..

Unknown said... January 28, 2013 at 3:16 AM

ok gann..TKP segera diganti....
bisa tolong dijelaskan oi secara spesifik...biar saya bisa edit dengan baik ^_^

New "TheCakoda" said... September 17, 2013 at 9:59 PM

Pebisnis Muda,

Halo semua, ^_^
Dengan tujuan menciptakan para calon pebisnis muda makassar,
Saya ingin mengajak para Muda-mudi pelajar, terutama yg masih berstatus pelajar dan ingin mempunyai keahlian dalam bidang instalasi komputer. Maka, saya menawarkan kerjasama untuk teman-teman untuk mengikuti program "Kursus seminggu-jago installasi system" di daerah teman-teman masing2 di daerah.

Untuk info lanjut,
Hub. Hadi (081241005615).

Post a Comment and Don't Spam!

Silahkan Berikan Komentar Apabila Tulisan Saya Membantu Dan Silahkan Berikan Saran & Kritikan Bila Tulisan Saya Ada Yang Salah.^_^
Salam Saya Abdhi Griffindors